Strategi Khusus Shin Tae Yong Yang Tak Diketahui Selama Ini

Date:

Dunia olahraga sepak bola akhir-akhir ini menorehkan sejarah besar perubahan oleh Timnas Indonesia sejak di bawa asuhan Coach Shin Tae Yong. Banyak perubahan hasil perkembangan Timnas Indonesia saat berlaga di beberapa pertandingan melawan negara-negara luar.

Timnas Indonesia saat ini banyak dihuni pemain muda berbakat dengan masa depan menjanjikan. Shin Tae Yong berani meminggirkan sejumlah pemain senior dengan nama besar. Sebut saja Evan Dimas, Zulfiandi, hingga pemain naturalisasi, Ilija Spasojevic.

Hasilnya, Indonesia mulai berbicara banyak di kancah internasional. Musim lalu, Skuad Garuda berhasil mencapai final Piala AFF 2020 meski takluk dari Thailand dengan agregat 2-6.

Saat itu, banyak yang meragukan Indonesia bisa melangkah jauh pada turnamen antarnegara Asia Tenggara tersebut.

Namun, Shin Tae Yong dengan skuad mudanya sanggup mengalahkan tim besar, seperti Malaysia dengan skor telak 4-1 dan mengimbangi Vietnam 0-0.

Coach Shin juga berhasil mengorbitkan sejumlah pemain muda potensial, seperti Pratama Arhan, Alfeandra Dewangga, hingga Ramai Rumakiek.

Keberanian Shin Tae Yong menampilkan muka-muka baru mulai berdampak positif di musim ini. Timnas Indonesia berhasil lolos ke putaran final Piala Asia 2023 setelah 15 tahun absen.

Tak cuma itu, sepanjang 2022, Skuad Garuda berhasil mengukir rekor fantastis, yakni hanya sekali kalah dari delapan pertandingan.

Dua kemenangan, bahkan didapat ketika melawan tim yang memiliki ranking FIFA jauh lebih tinggi, yaitu Curacao. Skuad Garuda tanpa ampun mencundangi negara Amerika Selatan itu, masing-masing dengan skor 3-2 dan 2-1.

Bukan hanya Curacao, Indonesia juga mampu menenggelamkan tim kuat Asia, Kuwait. Asnawi Mangkualam dan kolega menghajar tim Asia Barat itu di kandang lawan dengan skor 2-1.

Catatan manis Shin Tae Yong bersama Timnas Indonesia diharapkan bisa berbuah trofi. Ajang terdekat yang bakal mereka ikuti ialah Piala AFF 2022.

Pad ajang dua tahunan itu, Indonesia tergabung di Grup A bersama negara-negara, seperti Thailand, Filipina, Kamboja, dan pemenang laga Timor Leste vs Brunei Darussalam di babak kualifikasi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

Subscribe

spot_imgspot_img

Popular

More like this
Related

Turnamen Voli Piala Kapolresta Malang Kota, 24 Tim Tampil Memukau

Turnamen Voli Piala Kapolresta Malang Kota, 24 Tim Tampil...

Turnamen Voli Piala Kapolresta Malang Kota, 24 Tim Tampil Memukau

Turnamen Voli Piala Kapolresta Malang Kota, 24 Tim Tampil...

  ETLE merupakan Modernisasi Sistem Teknologi Penegakan Hukum Bidang Lalu Lintas

ETLE merupakan Modernisasi Sistem Teknologi Penegakan Hukum Bidang Lalu...

  ETLE merupakan Modernisasi Sistem Teknologi Penegakan Hukum Bidang Lalu Lintas

ETLE merupakan Modernisasi Sistem Teknologi Penegakan Hukum Bidang Lalu...