Selayang Pandang Tentang Blogger Dari Pakar SEO Indonesia

Date:

Blogger merupakan seorang yang mempunyai pandangan secara luas serta perspektif dalam menuangkan gagasan intuisi kedalam bentuk tulisan dengan tujuan pribadi maupun bisnis.

Seperti apa yang sudah disampaikan oleh Pakar SEO Indonesia Mohammad Khoirul Amin, S.H., S.Kom., M.Kom. mengenai dampak blogger untuk negara Indonesia.

“Seorang Blogger memiliki peran besar, yang disadari atau tidak, telah mampu menjadikan peredaran informasi di Indonesia menjadi lebih berwarna”, kata Amin.

#Blogger sebagai pilar demokrasi

Masih ingat fenomena pemilu 2014 lalu? Blogger terpecah menjadi dua kubu yang mendukung masing-masing calon presiden dan wakil presiden kala itu. Blogger dengan kekuatan tulisannya mampu menghipnotis calon pemilih untuk diarahkan ke calon presiden tertentu, sehingga banyak Blogger yang “dilamar” oleh tim sukses kedua kubu untuk berkampanye lewat dunia maya. Jika dilihat lihat, tren nge Blog saat itu cenderung membahas dunia politik.

#Blogger sebagai penyebar informasi dan pengetahuan tak berbatas

Ini fakta yang tak terbantahkan. Sesuai dengan basic nya, Blogger memang jago menulis, entah itu menulis jurnal harian, menulis bahasa alay, atau menulis ala ala media mainstream. Sifat bebas dari ikatan membuat blogger cenderung berfikir liar dalam menuangkan ide. Apapun ide yang muncul di fikiran, bisa langsung dicurahkan ke dalam tulisan yang enak untuk dibaca. Didukung dengan teori “Suatu tulisan yang datang dari dalam hati, akan mudah diterima oleh hati” membuat seorang Blogger dijuluki sebagai penyebar informasi dan pengetahuan tak terbatas.

#Blogger sebagai penyeimbang media mainstream

Kenapa disebut sebagai penyeimbang? Karena masyarakat Indonesia sekarang sudah pintar. Ketika sebuah media mainstream membicarakan suatu topik tertentu sebagai objek berita, masyarakat bisa menilai bahwa dalam “tubuh” media itu ada unsur “bisnis” atau tidak, sehingga berita yang ditampilkan cenderung subyektif. Dan Blogger hadir sebagai penyeimbang objektifitas berita nya, dengan gaya penulisan yang lebih personal dan menyentuh.

#Blogger sebagai PR-ing

Untuk yang satu ini, saya langsung menunjukkan contoh nyata. Sebuah merek ponsel ternama yang semenjak buka pangsa pasar di Indonesia menggunakan kekuatan Blogger, tahun lalu telah berhasil merajai angka penjualannya di Indonesia, mengalahkan merek smartphone ternama yang iklannya wara wiri di televisi dan media mainstream. Rahasianya adalah adanya peran Blogger dalam strategi marketnya. Selain brand, Departemen dan Kementerian dalam pemerintahan juga kerap kali menggandeng Blogger dalam mensosialisasikan program kerjanya, dan terbukti berhasil. Seperti contoh kementrian kesehatan, dinas perhubungan, dinas pariwisata, dan kementrian lainnya.

#Blogger sebagai alat propaganda

Propaganda tidak selalu si artikan sebagai sesuatu yang negatif. Propaganda dalam dunia marketing juga diperlukan untuk mendongkrak pasar. Propaganda dalam dunia politik apalagi, ini sudah terbukti dan terjadi pada (lagi lagi) momen pemilu 2014 lalu.
Bagaimana? masih menganggap Blogger sebagai profesi main main?!.

Wassalam
M. Khoirul Amin SH S.Kom M. Kom

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

Subscribe

spot_imgspot_img

Popular

More like this
Related

Sambut Nuzulul Qur’an Polresta Malang Kota Berbagi Berkah Dengan Komunitas Disabilitas

Sambut Nuzulul Qur’an Polresta Malang Kota Berbagi Berkah Dengan...

Polresta Malang Kota siapkan skema antisipasi kepadatan mudik

Polresta Malang Kota siapkan skema antisipasi kepadatan mudik Malang, Jawa...

Bukber Dengan Pemred, Kadiv Humas Polri Apresiasi Peran Media

Bukber Dengan Pemred, Kadiv Humas Polri Apresiasi Peran Media BERITAPOLISI...

Peduli Sesama, Dirlantas Polda Sulsel Berikan Bantuan Sembako ke Korban Kebakaran di Kelurahan

Peduli Sesama, Dirlantas Polda Sulsel Berikan Bantuan Sembako ke...