Ini Makanan Khas Kendari Terkenal, Rasa Bintang Lima!
Kendari Kuliner

Ini Makanan Khas Kendari Terkenal, Rasa Bintang Lima!

Beritakendari.net – Selain mengunjungi tempat wisata di Kendari, aneka kulinernya juga harus dicicipi, bestie. Yuk, segera catat makanan khas terkenal apa saja di daerah Kendari ini!

1. Lapa-Lapa

Lapa Lapa Kendari.jpeg

Foto: kompasiana.com

Jangan salah tafsir, ini bukanlah lontong pada umumnya. Lapa-lapa adalah makanan khas Kendari yang berbahan dasar beras dan dimasak bersama santan kelapa. Cara mengolahnya direbus dan setelah matang dibungkus menggunakan daun kelapa muda atau janur. Lapa-lapa biasa disantap dengan ikan asin. Teksturnya yang lembut menambah kegurihan dari makanan ini, lho.

2. Bolu Kukus Mete

Bolu Kukus Mete.jpg

Foto: linetoday.com

Bolu kukus dengan kacang mete pun tak kalah lezat untuk dicicipi! Penelitian yang diterbitkan dalam British Journal of Nutrition menunjukkan bahwa risiko penyakit jantung koroner 37% lebih rendah pada orang yang mengonsumsi kacang mete. Terkenal dengan manfaatnya untuk kesehatan, ini pas untuk dijadikan oleh-oleh. Harganya juga terjangkau dengan rasa yang begitu nikmat, Bestie.

3. Sinonggi

Sinonggi Kendarii.jpg

Foto: herstory.co.id

Karena teksturnya yang lengket, sejumlah orang mengira ini lem, lho! Sinonggi adalah makanan khas yang terkenal daerah Sulawesi Tenggara. Terbuat dari saripagu sagu dan dioleh dengan rempah-rempah yang khas. Untuk rasanya, ini gurih dan cukup segar, Bestie. Penyajiannya bisa dengan lauk pauk seperti ikan, daging, ataupun sayur. Saat ini, sinonggi agak sulit ditemukan dan hanya ada pada tradisi adat Sulawesi.

4. Kapusu Nosu

Makanan-Khas-Sulawesi-Tenggara2.jpg

Foto: wisatakuliner.org

Kapusu Nosu adalah makanan khas Kendari yang bisa jadi inspirasi. Ini adalah kacang merah yang dicampur dengan bubur jagung. Cukup terkenal di daerah Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Cara membuat masakan ini pun terbilang mudah. Jagung yang ditumbuk kemudian dicampur dengan santan dan kacang merah. Lalu diaduk hingga teksturnya mengental. Cocok disantap saat masih hangat!

5. Kabuto

Kabuto Sulawesi.jpg

Foto: tagar.id

Beda dengan sebelumnya, ini adalah camilan ringan yang berbahan dasar singkong. Melalui proses fermentasi, singkong kemudian diolah dengan campuran ubi. Mudah dijumpai di daerah Kendari sebagai makanan khas yang enak, Bestie. Jangan sampai melewati makanan unik yang terbuat dari singkong berjamur ini, ya!

6. Ikan Dole

Makanan Khas Kendari Dole.jpg

Foto: 7terbaik.com

Makanan khas dengan rasa bintang lima berikutnya adalah ikan dole. Ini adalah makanan tradisional yang banyak dijumpai di daerah di Sulawesi Tenggara. Berbahan dasar ikan tenggiri, ini dimasak dengan parutan kelapa muda. Melansir data dari U.S Seafood Facts, ikan tenggiri kaya akan selenium, vitamin B12, serta omega 3 untuk kesehatan otak. Dimasak hingga berwarna kecokelatan, ini menambah kegurihan dari ikan dole, lho. Apalagi jika disantap masih keadaan hangat!

7. Sate Gogos Pokea

Makanan Sate Pokea.jpeg

Foto: kompasiana.com

Yuk, cicipi sate gogos pokea sebagai makanan khas Kendari lainnya. Ini adalah sate dengan menggunakan kerang, Bestie. Awalnya, terkenal di daerah Pulau Buton Sulawesi Tengggara. Sate kerang ini proses pembuatannya direbus terlebih dahulu. Kemudian, ditusuk dan dioles dengan bumbu yang khas. Cita rasanya pedas manis dan cocok bagi yang menyukainya.

8. Karasi

Karasi Khas Kendari.png

Foto: 7terbaik.com

Makanan khas Kendari berikutnya adalah karasi. Ini cukup terkenal sebagai makanan tradisional daerah Sulawesi. Sekilas, bentuknya terlihat seperti roti jala atau roti rambut. Kue ini berasal dari Wakatobi dan berbahan dasar tepung beras. Kemudian, dicetak dengan adonan layaknya roti jala. Dapat segera disantap sebagai hidangan pencuci mulut,Bestie.

9. Abon Ikan

makanan khas kendari abons.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Hidangan ini bisa disantap dengan berbagai lauk pauk, yakni abon ikan. Seringnya, ditemukan di daerah pesisir pantai dekat daerah wisatawan. Abon ikan rasanya gurih dan nikmat bagaikan bintang lima, lho! Bisa bertahan dalam waktu lama, sehingga cocok untuk dijadikan oleh-oleh saat berkunjung ke Sulawesi Tenggara. Harganya juga bervariasi, bahkan ada yang dibanderol dari Rp25 ribuan saja.

10. Cokelat Mete

Cokelat Hitam untuk Menambah Imun Tubuh (www.bienmanger.com).jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Si Kecil umumnya menyukai makanan yang manis, seperti halnya pada cokelat. Di Kendari, cukup terkenal dengan cokelat dengan campuran kacang mete, Bestie. Rasanya yang nikmat dan bisa disimpan lama cocok untuk buah tangan keluarga. Untuk harganya bervariasi tergantung pada ukuran dan merek cokelat tersebut, ya.

11. Bagea Sagu

Bagea Khas Kendairi.jpg

Foto: resepkoki.id

Mari cicipi makanan terkenal di daerah Kendari ini. Bagea terbuat dari tepung sagu yang cocok untuk oleh-oleh. Kue kering satu ini memiliki rasa manis dengan tekstur yang cukup keras. Uniknya, ketika dicerna di mulut ini akan berubah menjadi lembut! Sejumlah bagea hadir dengan varian rasa kacang tanah ataupun biji kenari. Tak hanya itu, rempah khas seperti kayu manis pun bisa ditambahkan untuk rasa yang lebih kuat. Cocoknya disantap dengan segelas kopi ataupun teh hangat.

12. Kasoami

Kasoami Sulawesi.jpg

Foto: agrifood.id

Ini bukan tumpeng pada umumnya, kasoami adalah makanan khas Kendari selanjutnya. Walaupun bisa ditemukan hampir di seluruh wilayah Sulawesi Tenggara, ini spesialnya ada di Wakatobi. Terbuat dari ubi, ini sebagai pelengkap untuk aneka sajian makanan. Bisa dengan campuran ikan asin, sayur, ataupun menu ikan bakar. Ini juga sebagai salah satu alternatif nasi sebagai sumber karbohidrat yang tinggi.

13. Pisang Epe

pisang-epe-kendari.jpg

Foto: labrita.id

Pisang epe dikenal dengan camilan ringan yang melalui proses pembakaran. Umumnya, ini menggunakan pisang kepok. Pisang kepok yang dibakar akan disajikan dengan gula merah cair. Rasanya tentu saja nikmat dan cukup manis! Para pedagang ada yang mengkreasikan pisang epe dengan buah durian, lho. Namun jika ingin merasakan otentiknya, wajib untuk mencicip rasa originalnya dulu, ya.

14. Jus Patikala

Jus Patikala Kendari.jpg

Foto: 7terbaik.com

Apakah jus patikala itu? Ini adalah minuman yang berasal dari buah patikala. Manfaatnya terkenal untuk menurunkan kolesterol serta menjaga berat badan tetap ideal. Cocok untuk Bestie yang sedang program diet! Minuman dan makanan khas Kendari ini rasanya sedikit kecut, tetapi cukup menyegarkan. Sering menjadi minuman penyegar saat di siang hari terik.

15. Keripik Mete

Keripik Nusantara Oleh-oleh untuk besan.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Kacang mete juga bisa diolah dalam bentuk keripik. Ini bisa ditemukan di daerah Kendari dan sekitarnya. Harganya terbilang cukup terjangkau bahkan dari Rp15 ribuan saja. Seringnya, daerah pesisir pantai menjadi lapak para pedagang keripik mete. Rasanya lebih gurih dan renyah dibandingkan keripik singkong atau bawang pada umumnya. Sehingga, ini cocok untuk oleh-oleh keluarga di rumah.

Yuk, segera cicipi makanan khas Kendari yang lezat di atas, Bestie!

placeholder

Leave feedback about this

  • Quality
  • Price
  • Service

PROS

+
Add Field

CONS

+
Add Field
Choose Image
Choose Video
X