BMKG Deteksi Gempa Bumi Kembali Terjadi Minggu Pagi di Soropia Konawe
Konawe

BMKG Deteksi Gempa Bumi Kembali Terjadi Minggu Pagi di Soropia Konawe

Gempa Bumi

BERITAKENDARI.NET – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), kembali mendeteksi terjadi gempa di wilayah Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra), Minggu (3/4/2022) sekitar pukul 09.00 Wita.

Berdasarkan data BMKG, gempa bumi tersebut jenis Tektonik dengan kekuatan 3,5 Skala Ritcher (SR). Diketahui, pusat gempa terjadi pada kedalaman 10 Kilometer (Km).

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar Lawanopo di TimurLaut Soropia,” ujar Kepala BMKG Sultra, Rudin dalam keterangan tertulisnya.

Rudin menjelaskan, sejauh ini pihaknya mencatat sebanyak 58 kali gempa terjadi pada titik yang sama di wilayah Soropia, Konawe.

“Gempa ini merupakan gempabumi susulan M 5,2 pukul 21.16 WITA tanggal 26 Maret 2022. Hingga pukul 09.55 WITA, hasil monitoring BMKG menunjukkan terjadi 58 aktivitas gempa bumi susulan,” jelasnya.

Terkait hal itu, Rudin mengimbau masyarakat untuk tidak panik terhadap informasi belum tentu kebenarannya selain dari BMKG.

“Kita juga imbau agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah,” tutupnya.

Leave feedback about this

  • Quality
  • Price
  • Service

PROS

+
Add Field

CONS

+
Add Field
Choose Image
Choose Video
X