Waspada Tanah Longsor Bhabinkamtibmas Polres Kendari Sambang ke Pengambilan Bahan Galian

0
279

Akhir-akhir ini Kota Kendari di beberapa tempat tengah memasuki musin penghujan, meskipun hujan yang turun tidak lama namun tingginya curah hujan membuat warga masyrakat waspada. Menyikapi hal tersebut Bhabinkamtibmas kel. Poasia dan Kel.Talia Brigadir laode Kunduha S.Sos melakukan sambang ke tempat pengambilan bahan galian tanah gunung untuk timbunan yang terletak di wilayah binaannya. Senin (23/12/2019)

Brigadir Laode Kunduha S.Sos menjumpai beberapa para pekerja operator alat berat (excavator) yang akan memulai pekerjaannya sembari mengecek kelengkapan mesin alat berat meskipun berlokasi ditempat pengambilan bahan galian akan tetapi tidak mengurangi keakraban dan kenyaman dalam pertemuan tersebut.


Ia memulai obrolannya dengan menghimbau kepada para pekerja untuk berhati-hati dalam menjalankan mesin dan mengangkat bahan muatan hasil galian dengan memperhatikan struktur tanah menghindari terjadinya longsor, pada saat mengangkut bahan galian ke atas mobil trek dengan memperhatikan sisa-sisa materil yang terbuang agar tidak mengotori jalan umum yang dapat menganggu akses jalan dimana memang lokasi pengambilan bahan galian ini berdekatan dengan jalan umum karena pada saat ini kita sudah memasuki musim penghujan.

Ia juga menekankan untuk berhati-hati saat sedang melakukan pekerjaan keselamatan diri harus selalu di utamakan, dimana tanah longsor sering terjadi di daerah perbukitan atau tanah yang memiliki tingkat kemirinagn yang tinggi.Bencana alam tanah longsor juga sering digambarkan sebagai peristiwa jatuhnya bebatuan atau jatuhnya gumpalan tanah besar.

Lebih lanjut Kapolsek Abeli Iptu Hermanto,SE.,MM. menjelaskan secara umum tanah longsor disebabkan dua factor yaitu factor pendorong dan factor pemicu, yang dimaksud factor pendorong adalah factor yang mempengaruhi kondisi materil sedangkan factor pemicu adalah factor yang menyebabkan bergeraknya materil tersebut beberapa factor inilah yang kami cegah terjadi di tempat pengambilan bahan galian timbunan diharapkan dengan kegiatan sambang yang dilakukan bhabinkamtibmas dapat mencegah terjadinya Longsor dengan menghimbau para pekerja bahan galian tersebut. “tegasnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here